Sabtu, 26 Desember 2020

CARA MEMBUAT GULA AREN AGAR JADI KUAT AROMA KHAS ARENNYA



Sebagian besar para pakar gula aren, juga konsumen gula aren yang sudah paham, akan menguji keaslian gula aren dengan cara menciumnya. Menilai seberapa kuat aroma khas aren yang ada di gula itu. Karena, cara itulah sebagai salah satu cara terbaik dan termudah untuk membedakan gula aren murni dengan gula aren oplosan. 

Apa jadinya jika gula aren yang anda buat itu sudah murni, tidak pakai bahan campuran pembanyak lain (oplosan), namun aroma khas arennya lemah? Tentu hal ini akan menyulitkan anda. Gula anda mungkin akan dituduh sebagai gula oplosan, padahal tidak. 

Gula aren akan kuat aroma khasnya jika nira yang dimasak masih segar dan baik. Nira jangan sampai terasa keasaman, ph di bawah 6,2, akibat proses dan alat penyadapan yang kurang bersih. Nira juga harus dimasak dengan api yang konstan besarnya. Tidak terlalu besar, tidak juga terlalu kecil. Atau apinya mati hidup karena tidak ditunggui. 

Selain itu, nira aren harus dimasak sekali jadi. Tidak boleh sampai bermalam. Paling tidak, nira hasil panen pagi dipanaskan sampai mendidih selama 1 jam, lalu pada sore hari dicampur dengan nira hasil panen sore, kemudian langsung dimasak sampai jadi gula. 

Penggunaan daging buah kemiri yang dihaluskan juga diketahui akan memperkuat aroma khas gula aren, baik gula cetak mau pun gula semutnya. Sedangkan penggunaan minyak makan, sebagai pengurang buih dan pengeras alami, diketahui akan mereduksi aroma khas gula aren.  

Ada pun pengoplosan dengan gula tebu, maka akan mengganti aroma khas aren menjadi aroma khas tebu. Dan itu tidak bisa diakali lagi. Haha..... 

Tapi memang, ada barang ada harga. Ada juga peminatnya. Karena ada peruntukan khususnya. 

Gula aren ori dibutuhkan untuk membuat kopi aren, teh aren, rujak, es cendol, inti kue lepat, dan untuk campuran jamu dan obat. Sementara gula aren oplosan sering dipakai orang untuk membuat panganan selain di atas.  

.

Foto gula aren milik teman saya, seorang pengrajin gula aren, Mr. Lagenggong. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SANGAT PENTING : JAGA JARAK TANAM !

Dalam dunia pertanian, jarak tanam yang optimal itu sangatlah penting. Karena, jika kita menanam terlalu rapat, maka tanaman akan menderita,...